Langsung ke konten utama

Apa Sebenarnya Penyebab Gempa Bumi?





Gempa bumi bisa membunuh ribuan orang dalam hitungan detik dan menghancurkan kota. Pengalihan gelombang seismik dari kerak bumi dan mantel ke permukaannya, dan getaran berikutnya yang dihasilkan oleh gelombang ini, menyebabkan gempa bumi. Getaran ini memiliki potensi untuk menimbulkan malapetaka dan menyebabkan kehancuran di luar imajinasi, terutama karena kemunculannya tidak dapat diprediksi. Gempa bumi diikuti oleh gempa susulan, yang bisa sangat rendah, dan terkadang sama-sama merusak. Akhir-akhir ini, banyak bencana alam yang bisa dikaitkan dengan gempa bumi, seperti Tsunami yang melanda pantai India dan Asia Tenggara pada tahun 2004, dan menyebabkan penghancuran total.

Penyebab Gempa Bumi
Penyebab alami

► Gempa Bumi Intraplate
Orang-orang yang mengambil tempat dari batas lempeng dikenal sebagai gempa intraplate. Penyebab utama jenis ini adalah adanya patahan tektonik di kerak bumi.
Kesalahan didefinisikan sebagai bidang kerak bumi, yang menunjukkan pergerakan relatif batuan kerak sesuai dengan posisi mereka. Mereka secara umum diklasifikasikan sebagai patokan normal, dorong, dan kesalahan pemogokan slip.
Jika terjadi kesalahan yang berada dalam keadaan aktif, batuan kerak mengalami tekanan dalam jumlah besar, terutama karena margin pelat yang terus aktif.
Kesalahan ini mengalami pergerakan, dan tekanan yang dihasilkan dilepaskan, yang selanjutnya menyebabkan terjadinya gempa bumi.
Gerakan patahan biasanya terdiri dari kompresi dan penyisipan, yang menyebabkan perpindahan batuan kerak kaku.
Frekuensi gempa ini kurang dari frekuensi yang disebabkan oleh gerakan tektonik lempeng. Mayoritas gempa di Australia dan Tasmania termasuk dalam kategori intraplate.





► Lempeng Tektonik atau Gempa Bumi Interplate
Lapisan kerak bumi kita terbagi menjadi beberapa bagian yang dikenal sebagai lempeng tektonik, yang sedang beristirahat / mengambang di lapisan cair magma (astenosfer) di bawah kerak bumi. Pergerakan lempeng ini ditentukan oleh arus konveksi di magma.
Arus ini menyebabkan lempeng tektonik bergerak di permukaan bumi, baik secara konvergen maupun berbeda. Hal ini menyebabkan terbentuknya kesalahan transformasi, yang menunjukkan pergerakan bagian litosfer ke arah yang berlawanan, namun sepanjang satu bidang.
Seiring lempeng tektonik bergeser sedemikian rupa, sejumlah besar regangan dihasilkan di batuan keras dan keras di bawah permukaan bumi. Karena gerakan lempeng terus menerus, batuan ini memberi tekanan dan tekanan besar pada batas lempeng.
Stres terus membangun, dan pada titik tertentu, tiba-tiba dilepaskan dalam bentuk gelombang seismik, yang bergerak menuju permukaan bumi dan menyebabkan gempa bumi.
Dengan demikian, bidang kesalahan bergerak sesuai dengan intensitas gelombang, bersamaan dengan perubahan pada posisi mereka, dan energi yang dilepaskan berupa gelombang kejut.
Lempengan tektonik membentuk dasar untuk stabilitas benua. Sebagian besar gempa terjadi di dekat batas lempeng konvergen atau divergen, dimana lempeng saling tumpang tindih membentuk pegunungan atau benua, atau membentuk parit samudra dalam, di mana mereka dikonsumsi di dalam mantel. Gerakan ini mengganggu keseimbangan dan posisi semua lempeng, yang berujung pada terjadinya gempa tremor.

► Letusan gunung berapi
Gempa vulkanik tidak begitu umum. Magma cair di bawah kerak bumi berada di bawah tekanan yang sangat besar, dan untuk melepaskannya, lubang terbuka atau lubang angin harus ada di kerak bumi. Tekanan magmatik menyebabkan ketegangan pada bagian bawah kerak, di sekitar gunung berapi.
Karena penumpukan berbagai gas, bersamaan dengan bahan volatil dan magma cair, tekanan juga diberikan pada dinding bukaan atau lubang angin. Setelah titik kritis, gunung berapi meletus dari bagian ini, dan magma berbentuk lava dikeluarkan bersamaan dengan bahan dan gas yang mudah menguap. Selanjutnya, lava bersentuhan dengan atmosfir luar dan membeku, yang dapat menyebabkan pemblokiran mulut vulkanik atau kawah.
Sekarang, generasi terus menerus dari sejumlah besar tekanan melintasi titik putus tertentu dalam massa batuan kerak yang kaku. Disipasi strain ini berupa ledakan besar, dan generasi berikutnya dari gelombang seismik. Hal ini pada gilirannya menghasilkan gempa berkekuatan tinggi.
Jika ruang vulkanik dan bukaannya berada di sekitar batas lempeng tektonik, maka besarnya gempa mungkin lebih besar daripada yang disebabkan oleh letusan yang terjadi jauh dari batas lempeng.
Gempa yang diakibatkan karena letusan gunung berapi bisa menyebabkan gangguan pada posisi pelat tektonik. Mereka bergerak lebih jauh atau kembali ke posisi asalnya.

Penyebab Buatan

Terinduksi Seismisitas
Terjadinya gempa karena berbagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia disebut sebagai Seismisitas Terinduksi. Meskipun menjadi topik diskusi yang kontroversial, namun mendapat perhatian signifikan, terutama karena masuknya penyebab utama gempa bumi. Penelitian menunjukkan bahwa kegempaan akibat gempa hanya menyebabkan gempa kecil, namun keraguan telah meningkat pada terjadinya peristiwa besar seperti gempa bumi di Sichuan pada tahun 2008. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal itu disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembangunan bendungan. Berbagai jenis kegempaan yang diinduksi adalah:

► Reservoir-Induced Seismicity (RIS): Dipikirkan untuk menjadi salah satu penyebab buatan manusia yang paling penting, RIS telah diamati di berbagai lokasi di seluruh dunia. Jenis seismisitas ini diamati saat bendungan dibangun di lokasi yang memiliki litologi batuan yang buruk dan rentan terhadap patahan dan patahan. Ketika sebuah waduk dibangun di area seperti itu, air yang tersimpan meningkatkan tekanan pada litologi yang mendasarinya, dan ini memungkinkan setiap kesalahan terjadi di bawahnya. Juga, jika batuan berpori (seperti batu pasir) ada di sekitar pondasi dan dasar waduk, air bisa menembus fragmen tanah dan bebatuan yang longgar, memasuki bidang patahan, dan bertindak sebagai pelumas untuk mengaktifkannya, selanjutnya menghasilkan kekuatan seismik. .

► Fraktur Hidrolik: Juga dikenal sebagai fracking atau hydrofracking, teknik ini menggunakan pemompaan campuran bahan kimia dan air tertentu di bawah permukaan bumi, dengan bantuan sarana teknologi yang tepat. Bahan kimia ini dipompa pada tekanan tinggi di berbagai lapisan sedimen yang mengindikasikan adanya minyak mentah dan gas alam. Menurut studi ahli, ini berpengaruh pada bagian kerak di sekitarnya, yang menyebabkan gempa, terutama jika kelemahan struktural seperti patahan dan tanggul hadir dalam litologi. Gempa yang terkenal di Oklahoma pada tahun 2011, yang memiliki skala 5,6 skala Richter, disebabkan karena metode rekahan hidro di wilayah tersebut, dan pengaktifan garis patahan berikutnya dalam litologi.







► Pertambangan dan Ekstraksi Air Tanah: Penyebab ini adalah yang paling bisa diperdebatkan. Penambangan bawah tanah yang dalam mungkin mengarah pada pembentukan ruang kosong yang dikelilingi oleh kelemahan struktural seperti sendi dan patah tulang. Hal ini dapat menyebabkan keruntuhannya di dalam daerah tambang bawah tanah, menghasilkan gelombang seismik dan gempa ringan. Hal yang sama terjadi pada kasus ekstraksi air tanah secara ekstensif, terutama dalam kasus akuifer terbatas (dikelilingi oleh strata batuan di semua sisi). Air tanah yang ada di ruangan tersebut disimpan pada tekanan tinggi dibandingkan dengan tekanan atmosfer. Ketika air diekstraksi, tekanannya tiba-tiba hilang, dan ini bisa menyebabkan pengapungan dinding akuifer, dan generasi aktivitas seismik berikutnya.

Fakta Acak tentang Gempa Bumi
Titik asal gempa di bawah permukaan dikenal sebagai hypocenter. Kerusakan maksimum disebabkan pada episentrum, yang merupakan titik di permukaan tanah yang diproyeksikan tepat di atas hypocenter.
Bila ada gerakan mendadak di berbagai lapisan kerak dan mantel, terjadi gelombang konsentris. Mereka dikenal sebagai gelombang seismik, dan terdiri dari tiga jenis: Gelombang Primer (Gelombang-P), Gelombang Sekunder (Gelombang-S), dan Gelombang Permukaan (L-Gelombang dan Gelombang-R).
Gelombang ini menunjukkan pola pergerakan yang berbeda.
Gempa bumi biasanya terdiri dari foreshocks dan gempa susulan.
Dalam serangkaian gempa bumi, satu dengan magnitude maksimal dikenal sebagai kejutan utama. Intensitasnya dihitung dengan besarnya gelombang seismik yang diukur dengan bantuan seismograf. Pengukuran ini diambil pada skala Richter.
Gempa bumi dapat diprakirakan dengan menggunakan sarana teknologi seperti pemantauan terus menerus gelombang seismik di stasiun seismik, mengamati perubahan litologi di sekitarnya, yaitu, tiba-tiba terbentuknya depresi atau pergolakan di permukaan tanah, atau perubahan perilaku hewan. Namun, ramalannya tidak bisa tepat.

Meskipun gempa bumi tidak dapat diprediksi secara akurat, kita dapat tetap aman dengan menggunakan beberapa metode pencegahan seperti membangun rumah tahan gempa, dan melatih diri untuk melakukan tindakan yang benar saat terjadi gempa.

Komentar

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    At least 160 thousand women and men are losing weight with a easy and SECRET "water hack" to lose 1-2 lbs every night while they sleep.

    It's easy and it works every time.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Take a clear glass and fill it half full

    2) And now do this weight losing HACK

    and be 1-2 lbs thinner the next day!

    BalasHapus
  2. AvatarQQ - Poker Online - Bandar Domino99 - Bandar AduQ - Poker Luck - Omaha Poker - BandarQ - Agen PaiQiu



    NEW UPDATE !!!!

    - AVATARQQ MENERIMA DEPOSIT VIA BANK ONLINE

    - AVATARQQ MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL DAN XL

    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER / MEMBER BARU 20%

    - BONUS NEXT DEPOSIT / SETIAP DEPOSIT 10%

    - BONUS REFERRAL / MEMBER GET MEMBER 20%

    - BONUS CASHBACK MINGGUAN 0.5%

    - BERPENGHASILAN SAMPINGAN BELASAN HINGGA PULUHAN JUTA, CARANYA? KLIK DISINI



    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR AVATARQQ

    PUSAT BANTUAN AVATARQQ : KLIK DISINI

    PUSAT ARTIKEL POKER ONLINE : KLIK DISINI


    Facebook : AVATARKIUKIU

    Telp / WA : +855886476590

    Livechat : LIVE CHAT AVATARQQ

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membangun Dinding Penahan Kayu

Dinding penahan adalah struktur yang dibangun untuk mencegah kemiringan muka bawah bumi dengan menahan tekanan lateral. Struktur ini menahan massa bumi, biasanya bahan seperti tanah dan batu, paling sering di daerah yang rentan terhadap tanah longsor. Tekanan lateral pada struktur ini adalah yang paling sedikit di bagian atas dinding dan paling banyak di bagian bawah, dan oleh karena itu, strukturnya harus dirancang agar sesuai. Jika faktor ini tidak dipertimbangkan, tekanan bahkan bisa merusak dinding. Mengapa Dinding Penahan Kayu? Meski pilihannya sangat luas, kayu dianggap pilihan terbaik karena mudah didapat dan terjangkau. Dinding penahan kayu sama bergunanya dengan bidang beton mereka. Dinding yang lebih besar, aman adalah tempatnya. Kayu juga menambahkan beberapa keanggunan lansekap dan dengan demikian, berfungsi ganda sebagai alat kecantikan. Dinding penahan yang kecil-paling sering untuk kebun Anda-mudah dibangun dan bisa dibangun sepanjang akhir pekan, tapi ji

Cemerlang menerangi topik diskusi untuk Siswa SMA

Ketika datang ke debat, mendapatkan topik yang Anda tidak tahu, sejauh ini, yang terburuk yang dapat terjadi pada Anda. Tapi jelas jika Anda tidak siap, itu lebih mungkin untuk memukul-belit, mengulangi poin yang sama lagi dan lagi, dan merusak peluang mereka membuat dipotong. Meskipun bukan aturan keras dan cepat, tema yang dipilih untuk diskusi lebih cenderung menjadi topik panas, seperti penarikan pasukan dari Afghanistan, atau ledakan jaringan sosial dalam hal ini, dan begitu jadi sadar akan masalah saat ini adalah keuntungan pasti. Adapun debat SMA, kita harus memperhitungkan fakta bahwa usia anak-anak ini cenderung berada di kisaran 14 sampai 18 tahun. Pada usia ini, diskusi di kelas yang terbaik Anda jika Anda berniat untuk melihat anak-anak tertarik pada isu-isu penting. Tapi bagaimana cara membantu daftar topik untuk diskusi? Siswa sering diberikan subjek pada saat terakhir dan oleh karena itu, daftar seperti ini dapat memberikan gambaran kasar tentang apa jenis ma

Cara mendapatkan tanda tangan dari selebriti terkenal, bintang film dan pemain olahraga

Selama bertahun-tahun saya telah menemukan sangat berguna dalam perburuan saya untuk selebriti tanda tangan untuk mengunjungi pameran dan konvensi kenangan. Ada banyak acara di seluruh Inggris dan layak dikunjungi jika Anda menjual atau membeli tanda tangan tanda tangan untuk mengambil akhir pekan dan mengunjungi acara atau konvensi tanda tangan. Pada bulan November saya akan menunjukkan Memorabilia di NEC di Birmingham. Alasan utama untuk kunjungan saya adalah untuk mengumpulkan memorabilia olahraga, yaitu, kenangan golf, souvenir tenis dan meningkatkan koleksi saya dari tanda tangan bersejarah. Jika saya punya uang setelah mengejar saya di atas, ada kemungkinan bahwa waktu yang dihabiskan untuk tanda tangan, karena ada beberapa dealer terkemuka tingkat sangat tinggi di acara ini. acara bulan November juga memiliki beberapa juara dunia tinju yang akan berada di sana untuk tanda tangan dan memorabilia olahraga akan membayar kunjungan untuk meningkatkan saham saya memorabilia tinju